Samuel Eto'o Terpilih Sebagai Presiden PSSI-nya Kamerun

By ommed


nusakini.com - Samuel Eto'o resmi terpilih sebagai presiden Federasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT), Sabtu (11/12), mengalahkan pemimpin sebelumnya dalam prosesnya.

Eks penyerang Kamerun, yang menjuarai Liga Champions bersama Barcelona dan Inter Milan, memenangkan pemilihan dengan 43 suara dari anggota majelis umum FECAFOOT.

"Kita harus membawa para pesepakbola ke pusat pengatur kebijakan sepakbola kami," kata Eto'o. "Adalah peran kami untuk memastikan bahwa mereka yang memainkan olahraga ini mendapatkan penghidupan yang layak darinya."


Sementara mantan presiden Seidou Mbombo Njoya, yang juga wakil presiden Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF), mendapat 31 suara.

Eto'o, yang kini berusia 40 tahun, akan mengambil alih sebuah organisasi yang telah lama dinodai oleh pertikaian, salah urus dan tuduhan korupsi.

FIFA telah melakukan intervensi beberapa kali untuk mengakhiri perselisihan di antara para pejabat FECAFOOT.


Eto'o awalnya didiskualifikasi dari pencalonan karena juga berstatus sebagai warga negara Spanyol, namun keputusan bahwa tidak seorang pun dengan kewarganegaraan ganda dapat mencalonkan diri ditentang dan kemudian dicabut.

Ia menerima dukungan luas dari banyak mantan rekan setimnya dalam kampanye besar di mana ia berjanji untuk membersikan sepakbola Kamerun dari korupsi.

Kamerun akan menjadi tuan rumah Piala Afrika dari 9 Januari hingga 6 Februari. Hak untuk menjadi tuan rumah turnamen itu sempat dicabut pada 2019 karena penundaan persiapan dan masalah keamanan. (gi/om)